Benarkah Sinar Matahari Bisa Membantu Mengobati Vitiligo?

Benarkah Sinar Matahari Bisa Membantu Mengobati Vitiligo?

Pernahkah anda mendengar kalau sinar matahari bisa mengobati vitiligo? Benarkah Sinar Matahari Bisa Membantu Mengobati Vitiligo? Untuk mengetahui jawabannya, berikut ini bisa kita lihat dalam pembahasan lengkapnya!

Benarkah Sinar Matahari Bisa Membantu Mengobati Vitiligo?

Saat melihat sinar matahari, biasanya yang akan orang lakukan adalah menutupi permukaan kulit, atau justru memilih berdiam diri di dalam ruangan untuk menghindari sengatan panasnya. Salah satu yang menjadi alasannya tentu karena takut kulit menjadi gelap, terbakar, atau terkena kanker kulit. Tapi di balik pengaruh buruknya, sinar matahari ternyata memiliki beberapa manfaat yang baik bagi kesehatan.

Baca Juga : TERBARU! Para Ahli Temukan Terobosan Pengobatan Vitiligo

Radiasi ultraviolet yang dipancarkan oleh sinar matahari tidak selalu membahayakan. Sinar matahari ternyata dapat merangsang produksi vitamin D pada tubuh. Tidak seperti vitamin C dan E, vitamin D kerap dilupakan. Padahal vitamin D merupakan nutrisi yang cukup vital bagi kesehatan, terutama untuk membantu penyerapan kalsium dan menjaga kesehatan tulang. Bahkan menurut penelitian, kekurangan vitamin D dapat meningkatkan risiko terkena diabetes tipe 1, kanker payudara, kanker prostat, kanker ovarium, kanker usus besar, kanker kerongkongan, serta nyeri tulang dan otot.

Untuk mendapat asupan vitamin D yang cukup, anda tidak perlu menghabiskan banyak uang. Cukup terkena paparan sinar matahari secara teratur, anda bisa merangsang kulit untuk menghasilkan vitamin D yang mencukupi kebutuhan tubuh anda.

Untuk mendapatkan manfaat vitamin D, ada waktu terbaik terpapar sinar matahari. Di Indonesia, waktu terbaik untuk terpapar sinar matahari adalah sebelum jam 11 siang, atau lebih tepatnya adalah jam 9 pagi. Sebab, di Indonesia, intensitas sinar UVB tertinggi terjadi jam 11 hingga jam 1 siang. Lama waktu berjemur setidaknya 25 menit saja. Dalam seminggu, kita cukup melakukannya 2-3 kali terpapar sinar matahari secara langsung.

Baca Juga : Masker Alami Untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat

Sinar matahari, terutama radiasi UV-nya telah berhasil mengobati sejumlah penyakit. Salah satunya adalah penyakit vitiligo. Namun, penggunaan terapi radiasi UV ini harus di bawah pengawasan medis agar dapat terhindar dari efek buruknya. Penderita vitiligo dapat diobati dengan terapi sinar UV. Terapi ini cukup efektif, namun meningkatkan risiko kanker kulit. Oleh karenanya sangat diperlukan pengawasan medis agar terhindar dari efek buruk yang dikatakan tadi.

Nah, untuk mendapatkan manfaat sinar matahari untuk membantu mengobati penyakit vitiligo, ada tips aman yang bisa membantu anda dalam memanfaatkan sinar matahari, di antaranya :

  • Gunakan tabir surya

Gunakan tabir surya dengan setidaknya SPF 15 pada bagian kulit yang paling sering terpapar sinar matahari seperti lengan, kaki, wajah dan leher. Gunakan tabir surya antiair jika anda mudah berkeringat atau ingin berenang, maupun bermain ke pantai.

  • Teratur terkena sinar matahari

Anda disarankan mulai mengatur jadwal untuk terkena sinar matahari seperti 2-3 kali seminggu dengan durasi 15-30 menit, tanpa penggunaan pelindung kulit. Manfaat sinar matahari dapat terasa jika paparannya singkat dan mengenai kulit, namun dilakukan rutin. Sinar matahari itu harus langsung mengenai kulit anda. Manfaat tidak bisa anda dapatkan jika berjemur di balik jendela kaca, karena sinar UVB yang diperlukan untuk memproduksi vitamin D dapat terserap oleh kaca.

Baca Juga : Benarkah Penderita Diabetes Pantang Makan Kurma?

  • Atur kadar paparan matahari

Anggaplah sinar matahari ini seperti obat-obatan. Untuk mendapatkan manfaat sinar matahari, gunakanlah dosis efektif yang Namun, yang perlu menjadi catatan adalah tidak semua orang membutuhkan dosis yang sama. Semua tergantung pada usia dan jenis kulit. Untuk orang berkulit putih, 10-15 menit terpapar sinar matahari sudah cukup, sedangkan untuk berkulit lebih gelap memerlukan waktu sedikit lebih lama.

  • Jangan sampai kulit terbakar

Kalau kulit sampai terbakar, bukan manfaat lagi yang anda dapatkan, melainkan bencana. Anda harus tahu kapan waktunya berhenti. Durasi waktu paparan sinar matahari berkisar antara 15 hingga 30 menit, tanpa penggunaan pelindung kulit. Setelahnya, jika anda masih ingin berlama-lama di bawah sinar matahari, gunakan pelindung seperti topi, kacamata dan baju berwarna terang.

Baca Juga : Ramuan Alami Untuk Memudarkan Bercak Putih Vitiligo

Obat Herbal Vitiligo Terbaik

Jadi, Benarkah Sinar Matahari Bisa Membantu Mengobati Vitiligo? Semuanya sudah dijelaskan dalam pembahasan di atas. Selain itu, ada rekomendasi lain untuk mengobati penyakit vitiligo, yaitu obat herbal Jelly Gamat Gold G yang khasiat serta keampuhannya sudah teruji dan terbukti, sudah ada testimoninya. Untuk mengetahui informasi lebih lanjutnya, atau jika anda ingin berkonsultasi, silahkan hubungi kontak dibawah ini :

Telp : (0265) 341113

Telp : 085 223 557 127

SMS/WA/Telp : 085 793 507 222

PIN BB : 25C274D1

Line : zahraherbal

IG : toko_zahraherbal

Posted by : Admin OBAT HERBAL TERBAIK

You may also like...

1 Response

  1. October 11, 2018

    […] Baca Juga : Benarkah Sinar Matahari Bisa Membantu Mengobati Vitiligo? […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *